Senin, 30 September 2019

RS Ibu dan Anak Harapan Kita: Ulasan Tentang Gizi Seimbang untuk Perkembangan Anak

Nike KD Shoes - Dalam tahapan tumbuh kembang anak menurut Dr. Kartini Kartono, terdapat 3 permainan untuk anak. Permainan gerakan untuk bermain bersama teman dan melakukan kerjasama dengan beraneka ragam gerak. Permainan memberi bentuk untuk kegiatan merusak, mempreteli dan lainnya yang lebih konstruktif dengan macam-macam materi yang disediakan. Permainan ilusi dengan memainkan fantasi anak untuk menunjukkan kreasinya seperti kuda tunggangan, main dokter-dokteran dan lainnya. RS Ibu dan Anak Harapan Kita dapat menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan konsultasi mengenai perkembangan anak dan gizi seimbang untuk perkembangan anak sehat. 

RS Ibu dan Anak Harapan Kita

Berikut adalah beberapa tahapan perkembangan anak menurut Hurlock dalam 5 periode diantaranya: 

  • Periode pra lahir, dimulai saat pembuahan hingga lahir, perkembangan fisiologis yang cepat yaitu pertumbuhan seluruh secara utuh.
  • Periode neonatus, masa bayi baru lahir dan terhitung mulai dari 0 sampai 14 hari, bayi akan beradaptasi dengan lingkungan yang baru pertama kali ditemui yaitu lingkungan rahim ibu.
  • Masa bayi, ketika berumur 2 minggu sampai 2 tahun, masa ini bayi akan belajar mengendalikan ototnya hingga bayi mempunyai keinginan untuk mandiri.
  • Masa kanak-kanak, terdiri dari 2 bagian yaitu kanak-kanak dini dan akhir masa kanak-kanak. Masa kanak-kanak dini berusia 2 hingga 6 tahun atau masa prasekolah untuk menyesuaikan diri secara sosial. Akhir masa anak-anak usia 6 hingga 13 tahun atau disebut anak sekolah.
  • Masa puber, ketika anak berusia 11 hingga 16 tahun, merupakan masa tumpang tindih merupakan 2 tahun masa kanak-kanak akhir dan 2 tahun awal remaja.

RS Ibu dan Anak Harapan Kita memberikan informasi seputar karakteristik dari pertumbuhan serta perkembangan anak, yaitu umur 1-6 tahun memiliki kecakapan moral yang semakin berkembang, aktifitas yang semakin aktif, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Umur 6-8 tahun dengan koordinasi motorik berkembang, tidak bergantung pada orangtua, kontak luar lebih matang, rasa tanggung jawab mulai tumbuh. Umur 8-12 tahun dengan permainan berkelompok, menunjukkan minat pada hal-hal tertentu, sifat ingin tahu dan dapat memahami peraturan. 

Berikut adalah beberapa makanan yang diperhatikan untuk nutrisi gizi seimbang diantaranya: 

  • Berikan makanan kaya karbohidrat sebagai sumber energi 3-4 kali sehari, untuk anak berusia 1-3 tahun membutuhkan 45-50 kalori untuk setiap 0,5 kilogram berat badannya dan kebutuhan kalori tergantung pada tingkat keaktifan anak.
  • Untuk anak berusia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 14,5 gram protein setiap hari dalam mendukung pertumbuhan dan sekitar 6 gram dari jumlah harus merupakan protein yang bermutu tinggi dan makanan mengandung protein adalah 1 butir telur, 25 gram daging tanpa lemak dan 100 gram kacang hijau. 

Selain itu, susu dan produk olahan merupakan sumber protein untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, untuk anak umur 1 tahun setidaknya mendapatkan 350 milligram kalsium per harinya. Jika anak biasa minum susu formula kebutuhannya adalah 400-500 ml per hari. Pemakaian botol atau dot sebaiknya diganti dengan gelas untuk mengurangi kejadian gigi berlubang dan obesitas. 

RS Ibu dan Anak Harapan Kita juga merekomendasikan kegiatan fisik yang memiliki manfaat banyak terhadap kesehatan anak. Manfaat kegiatan fisik adalah jantung dan tubuh yang sehat, karena aktif bergerak akan membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih baik dan kuat serta memiliki energi dengan daya tahan yang lebih baik. Selain itu, sistem koordinasi yang baik, otak anak berkembang karena menerima aliran darah bersih dengan lancar dan darah bersih memberi oksigen dan glukosa yang dibutuhkan otak.

0 komentar:

Posting Komentar