Selasa, 29 Januari 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Ngilu Paling Ampuh

Nike KD Shoes - Kebanyakan orang beranggapan bahwa gigi yang ngilu itu disebabkan karena gigi berlubang. Padahal penyebab gigi ngilu bisa disebabkan karena banyak hal tergantung dari jenis sakitnya. Ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa memicu gigi menjadi lebih sensitif dan memunculkan rasa ngilu. Berikut penyebab dan cara mengatasi gigi ngilu

cara mengatasi gigi ngilu

Penyebab Gigi Ngilu 


Kebiasaan Menyikat Gigi yang Terlalu Kasar 

Tak sedikit orang yang mengikat gigi secara kasar dengan harapan agar kotoran yang menempel pada gigi dapat hilang seketika. Anggapan yang satu ini ternyata tak sepenuhnya benar. Pasalnya menggosok gigi terlalu keras justru akan membuat struktur gigi menjadi rusak. Menggosok gigi dengan keras juga bisa menyebabkan gusi menjadi kendor yang berfungsi melindungi gigi.  


Menggosok gigi terlalu keras ternyata juga menjadi salah satu penyebab gigi ngilu. Nah ketika akar gigi terekspos, hal ini akan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan akan terasa ngilu ketika mengonsumsi berbagai makanan yang panas atau dingin. Terlebih lagi, kerusakan yang satu ini tidak bisa disembuhkan tanpa bantuan dokter.  

Bulu Sikat yang Terlalu Kasar 

Ketika membeli sikat gigi pastikan Anda tidak hanya mencari yang memiliki harga murah saja. Pasalnya bulu sikat juga perlu untuk Anda perhatikan. Utamakan untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang halus. Sebab buli halus tersebut bermanfaat untuk mengurangi tekanan ketika menggosok gigi.  

Jangan sampai memilih sikat gigi dengan bulu yang kasar. Pasalnya sikat gigi yang kasar juga berpotensi mengendurkan gusi. Hal yang satu ini tentunya akan membuat lapisan pelindung gigi menjadi terkelupas sehingga memunculkan rasa ngilu yang hebat.  

Efek Dari Makanan Asam  

Jika gusi Anda sudah kendur, maka mengonsumsi makanan dengan rasa yang asam justru juga bisa menyebabkan gigi menjadi ngilu. Makanan seperti saus, lemon, jeruk, dan kiwi dapat memicu gigi menjadi leih sensitif. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati ketika memilih makanan demi menjaga kesehatan gigi Anda. 

Dampak Pemakaian Pasta Gigi yang Mengandung Pemutih 

Ada banyak produsen pasta gigi yang menambahkan zat kimia pemutih ke dalam produknya. Ternyata zat pemutih pada pasta gigi juga dapat menyebabkan gigi Anda menjadi lebih sensitif. Apabila Anda juga termasuk penderita gigi sensitif, cobalah untuk mengganti pasta gigi Anda. Pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung whitening agents. 

Plak Berlebih 

Tujuan utama menggosok gigi adalah untuk mengikis kotoran sebelum membentuk plak gigi yang berlebih. Nah apabila Anda tidak rutin menggosok gigi tentunya akan menyebabkan plak yang menempel pada gigi menjadi berlebih dan menyebabkan rasa ngilu. Tumpukan plak pada gigi ini juga dapat menyebabkan lapisan gigi menjadi terkikis.  

Infeksi Gusi 

Bagian gusi yang terinfeksi juga dapat menyebabkan gusi menjadi membengkak. Infeksi inilah ternyata juga bisa menyebabkan rasa ngilu dan bau mulut. Jika Anda menemukan adanya benjolan dalam mulut Anda maka segeralah periksa ke dokter. Jangan sepelekan infeksi yang terjadi pada gusi karena dapat menyebabkan berbagai masalah yang lebih serius.  

Kebiasaan Menggertakkan Gigi Saat Tidur 

Pada beberapa kasus, sering menggertakkan gigi saat tidur juga dapat memicu munculnya rasa ngilu. Lebih parahnya hal yang satu ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada struktur gigi. Untuk mencegahnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab Anda menggeratkan gigi saat tidur terlebih dahulu.  

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Paling Ampuh 


Pakai Pasta Gigi Khusus 

Penyebab gigi ngilu di atas memang benar adanya, namun tidak semua orang bisa langsung ngilu giginya setelah dipicu oleh beberapa hal di atas. Terkadang itu disebabkan karena gigi Anda memang sensitif. Jadi sebaiknya, beralihlah ke pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. 

Bersihkan Gigi dengan Benar 

Menyikat gigi bukan hanya mengenai berapa kali sehari, tetapi juga soal bagaimana cara yang benar. So, selain teratur menggosok gigi, Anda juga harus memperhatikan cara menyikat gigi yang benar. Untuk hasil maksimal, gunakan benang gigi setelah mennggosok gigi. 

Jaga Makanan dan Minuman 

Gigi ngilu bisa termasuk ke dalam golongan gigi sensitif. Namanya saja sensitif, faktor makanan dan minuman tentu ada di dalamnya. Sebaiknya Anda jangan makan atau minum yang terlalu panas, dingin dan asam. 

Berikan Tindakan Urgen 

Ketiga cara mengatasi gigi ngilu di atas bersifat permanen. Sedangkan untuk pertolongan pertama, Anda bisa memberikan treatment khusus seperti kumur air garam, mengunyah bawang merah yang mentah, atau memakai daun jambu. Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan seperti ibuprofen atau naproxen.  

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab dan cara mengatasi gigi ngilu. Apa Anda juga termasuk penderita gigi sensitif dan sering melakukan kebiasaan di atas? Maka Anda sudah landing di page yang benar!

0 komentar:

Posting Komentar