Minggu, 16 Desember 2018

5 Perbedaan Print Kaos DTG dengan Sablon Manual

Nike KD Shoes - Print kaos mulai dilirik oleh banyak orang yang ingin tampil beda dan juga tampil menarik untuk kesehariannya. Teknik yang satu ini memang bisa dibilang semakin populer karena berbagai keunggulan yang dimiliki. Hal tersebutlah yang kemudian membuat teknik ini seringkali disamakan dengan sablon manual. Padahal ada 5 perbedaan dari kedua teknik ini.  

print kaos

1. Proses Pembuatan  

Perbedaan pertama yang dimiliki kedua teknik adalah proses pembuatan yang digunakan. Untuk teknik print pada kaos biasanya menggunakan printer DTG. Dengan penggunaan printer DTG ini akan membuat proses menjadi lebih cepat dengan hasil yang lebih memuaskan. Sedangkan untuk teknik sablon menggunakan film yang bisa dibilang membutuhkan proses yang lebih lama.  

2. Peralatan yang Digunakan  

Bukan hanya pada proses pembuatannya ternyata perbedaan berikutnya terletak pada peralatan yang digunakan. Contohnya untuk teknik print pada kaos maka peralatan yang digunakan adalah printer DTG, komputer, kompresor hingga mesin pres. Semua peralatan tersebut sangat mendukung untuk menghasilkan teknik print yang lebih bagus dan juga pastinya berkualitas.  

Sedangkan untuk teknik sablon maka peralatan yang digunakan bisa dibilang masih manual dan juga konvensional. Sebut saja seperti papan banting, screen, rakel hingga tinta. Dengan peralatan yang tergolong manual tersebutlah, tidak heran apabila waktu yang dibutuhkan juga memakan waktu lebih lama. Hal ini pastinya akan sangat merugikan bagi Anda yang sedang butuh cepat.  

3. Jumlah Kaos yang Bisa Diproduksi  

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila Anda menggunakan teknik sablon pastinya membutuhkan waktu lebih lama. Hal ini pastinya akan membuat kaos yang bisa diproduksi menjadi lebih sedikit apabila memiliki tenggat waktu tertentu. Cerita akan menjadi berbeda apabila Anda menggunakan teknik print yang bisa memproduksi kaos dalam jumlah lebih besar. 

4. Media yang Digunakan  

Bagi Anda yang belum tahu, media yang digunakan oleh kedua teknik ternyata juga berbeda satu sama lain. Contohnya untuk print pada kaos maka bisa dibilang tidak dibutuhkan media untuk digunakan. Lain cerita apabila Anda menggunakan teknik sablon yang akan membutuhkan desain pada kertas terlebih dulu dan nantinya tinta mesti dicetak dalam screen terlebih dulu.  

5. Kualitas Kaos yang Dihasilkan  

Perbedaan terakhir terletak pada kualitas kaos yang dihasilkan yang ternyata cukup mencolok perbedaannya. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hasil cetak kaos menggunakan teknik akan menghasilkan kualitas yang lebih bagus. Lain dengan kaos yang menggunakan teknik sablon yang akan menghasilkan kaos dengan kualitas standar bahkan kadang cepat untuk rusak.  

Dengan mengetahui perbedaan dari kedua teknik tersebut, pastinya sudah jelas bahwa print kaos dtg memiliki keunggulan yang lebih banyak. Jadi semestinya Anda menjatuhkan pilihan pada teknik print yang satu ini. Terutama bagi Anda yang memang mengutamakan hasil dan juga kualitas. Tentunya tidak ingin lagi mendapatkan kaos dengan kualitas yang berada di bawah standar.

1 komentar: