Minggu, 15 Oktober 2017

Sewa Jasa Tukang Bangunan? Yuk Kenali Pekerjaannya dan Tips Memilihnya!


Pembangunan rumah bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan sendiri. Sebagai pemilik rumah, kita memerlukan bantuan dari penyedia jasa tukang bangunan. Terdapat dua jenis pembayaran ketika kita menyewa jasa mereka, yakni harian dan borongan. Sesuai dengan namanya, tukang bangunan harian dibayar setiap hari. Sementara itu, tukang borongan dibayar per proyek yang mereka kerjakan. Kedua metode pembayaran tersebut sebenarnya tidak terlalu berbeda. Yang penting, kita sebagai pemilik rumah dapat bekerja sama dengan mereka. Yuk pahami pekerjaan-pekerjaan mereka agar kita mudah melakukan pengawasan!

Terdapat tiga kategori pekerjaan yang dilakukan oleh penyedia jasa tukang bangunan. Ketiga kategori tersebut ialah:

1. Pekerjaan yang dapat dilakukan bersama-sama

Di dalam proses konstruksi, ada pekerjaan-pekerjaan yang dapat dilakukan bersamaan. Misalnya ketika tukang batu mengerjakan pondasi batu, tukang lainnya dapat membuat tulangan pembesian sloof dan kolom beton. Ketika proses ini berlangsung, kita dapat membantu mereka dengan cara menyiapkan kusen. Dengan demikian, mereka tidak perlu repot-repot mencarinya ketika dibutuhkan.
Pekerjaan yang juga dapat dilakukan bersamaan ialah pemasangan dinding dan kerangka atap. Ketika tukang batu memasang bata, tukang kayu dapat menyiapkan pembuatan kerangka atap. Dengan demikian, bila batu bata telah tersusun semua, kerangka atap dapat langsung dipasang. Selain memasang kerangka atap, tukang kayu juga dapat memasang kerangka plafon. Sementara itu, di waktu yang sama, tukang batu juga dapat mengerjakan plesteran.

2. Pekerjaan yang dapat dilakukan bergantian

Selain dikerjakan di waktu yang sama, ada juga pekerjaan yang harus dikerjakan bergantian. Beberapa contohnya ialah pemasangan batu bata, plafon, serta instalasi air. Pemasangan batu bata harus dilakukan secata bergantian dengan pengecoran kolom beton. Selain itu, pemasangan plafon harus dilakukan secara bergantian dengan pemasangan instalasi listrik. Sementara itu, pemasangan instalasi air dilakukan bergantian dengan pekerjaan plesteran.

3. Pekerjaan yang harus dilakukan secara berurutan

Kategori pekerjaan ketiga ialah pekerjaan yang harus dilakukan secara berurutan. Misalnya seperti sloof beton yang dipasang setelah pemasangan pondasi batu. Contoh lainnya ialah pekerjaan plesteran yang dilakukan setelah pemasangan bata.

Selain mengenali kategori pekerjaan, kita juga harus cerdas memilih penyedia jasa tukang bangunan. Bila salah memilih, kita akan kecewa dengan hasil pekerjaan mereka. Salah satu cara termudah untuk mencari tukang bangunan profesional ialah melalui referensi. Bertanyalah pada teman dan keluarga yang pernah menggunakan jasa tukang bangunan. Beberapa ciri berikut merupakan karakteristik tukang bangunan yang profesional:

  • Mampu membaca gambar lapangan:
  • Ahli dalam pekerjaannya
  • Berkomitmen serta menjaga kualitas dan kerapihan
  • Bekerja sama dengan tukang lainnya
  • Memahami keinginan klien
  • Menghemat penggunaan bahan bangunan
  • Mampu mengatasi masalah lapangan
  • Mengerjakan proyek tepat waktu
Jika kinerja penyedia jasa tukang bangunan kurang memuaskan, kita sebaiknya memberhentikan mereka. Kita tentu tidak mau terus-menerus dipusingkan oleh pekerjaan mereka, bukan? Namun, biasanya akan lebih mudah untuk menghentikan tukang bangunan yang dibayar harian. Bila terlanjur menggunakan sistem borongan, biasanya kita akan dipaksa melunasi biaya yang sudah disepakati. Untuk mencari penggantinya, kita harus mengetahui terlebih dahulu pekerjaan apa yang kita butuhkan. Ada beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan banyak orang. Misalnya seperti pembuatan pondasi serta pemasangan batu bata. Namun, ada juga jenis pekerjaan yang hanya membutuhkan sedikit pekerjaan. Misalnya seperti pemasangan kusen serta pemasangan kerangka atap. Selain tukang bangunan, kita juga dapat menyewa jasa tenaga pembantu (kenek). Merekalah yang akan membantu penyedia jasa tukang bangunan melakukan pekerjaanya.
 

0 komentar:

Posting Komentar