Minggu, 27 Agustus 2017

Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Sofa

Jika Anda sadari, bau apak sering menempel pada sofa di rumah. Bau apek bisa terjadi akibat tumpahan kotoran, pencucian sofa yang tak kering sempurna, bau dari hewan peliharaan, hingga keringat yang menempel.

Jika dibiarkan, bau apek akan semakin menempel dan sulit dihilangkan. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda sebagai penghuni, belum lagi jika ada orang bertamu. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti, seperti dikutip dari Rumah.com.

Jemur sofa


Cara paling mudah untuk mnghilangkan bau adalah dengan mejemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Jika disertai noda, Anda bisa mencuci bagian upholstery sofa dengan sabun mandi. Beberapa sofa memungkinkan Anda untuk melepas kain pelapisnya agar mudah dibersihkan.

Gunakan baking soda dan cuka


Baking soda ampuh menyerap bau. Anda bisa menaburkan baking soda pada permukan sofa. Biarkan beberapa jam lalu bersihkan dengan vacuum cleaner.

Selain baking soda Anda juga bisa menggunakan cuka. Larutkan cuka dengan segelas air, lalu semprotkan ke permukaan sofa. Setelah jemur sofa hingga kering. Bau cuka ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap.

Sabun bayi untuk sofa kulit


Jika Anda memiliki sofa berbahan kulit, jangan sembarang menjemurnya di bawah sinar matahari. Sofa dengan bahan kulit membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kualitas kulit agar tahan lama.

untuk menghilangkan bau apek, Anda bisa menggunakan sabun bayi atau sampo bayi. Caranya, tuang sabun/sampo bayi ke permukaan sofa, lalu campurkan dengan menuangkan air.

Setelahnya sikat menggunakan sikat berbulu halus agar kulit tidak mengelupas. Jika sudah, bilas dengan lap basah. Lalu keringkan dengan lap halus.

Sisipkan kayu atau akar wangi

Cara lain Anda bisa menyisipkan potongan kayu manis dan akar wangi di sela-sela. Ini merupakan pewangi alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau.

Bisa juga sebarkan beebrapa biji kopi. Wewangian alami ini bisa menghilangkan bau apak sekaligus membuat udara terasa segar.

0 komentar:

Posting Komentar