Minggu, 27 Agustus 2017

Mengatur Lemari Anak Agar Tidak Berantakan

Sering merasa kesulitan mencari pakaian atau seragam anak? Banyaknya pakaian dan aksesoris anak yang tersimpan dalam lemari biasanya kerap bikin kita kesulitan untuk menatanya dengan rapi.

Untuk itu Anda bisa manfaatkan akhir pekan dengan mengajak anak untuk belajar menata lemari serta menyusun pakaian sesuai fungsinya. Menata lemari pakaian juga dapat melatih kemampuan anak untuk belajar mengorganisir, loh!

Dan agar dapat Mengatur Lemari Anak Agar Tidak Berantakan, simak tips dari Rumah.com berikut.

1. Kelompokkan Benda di Lemari Berdasarkan Jenis

Sebelum mulai membereskan, kelompokkan pakaian berdasarkan jenias. Misal, celana pendek, legging, atau jins menjadi satu tumpukan. Sedangkan kaos, kemeja, atau jaket berada di kelompok lain. Selain pakaian, kelompokkan juga pakaian dalam dan aksesoris seperti topi dan kaos kaki.

2. Buat Lemari dengan Konsep Terbuka


Membuat lemari pakaian dengan konsep terbuka akan memudahkan anak-anak untuk melihat setiap pakaian atau aksesoris lain yang dimiliki. Jadi mereka tidak perlu lagi mengobrak-abrik seluruh isi lemari ketika mencari sesuatu.

Tidak hanya lebih mudah menemukan yang dicari, cara ini juga memudahkan anak-anak untuk bantu menyimpan pakaian bersih.

3. Manfaatkan Rak Sepatu

Meggunakan lemari pakaian dengan konsep terbuka bukan berarti Anda tidak membutuhkan benda-benda lain untuk membantu mengorganisir. Tambahkan sebuah rak sepatu di dalam lemari, bila Anda ingin memasangnya di bagian atas jangan lupa untuk menggunakan paku yang kuat.

Rak tambahan ini akan menjadi tempat penyimpanan untuk baju hangat dan kaos santai yang lebih mudah dilipat daripada digantung.

4. Kotak Tembus Pandang

Salah satu trik lain dalam membuat lemari dengan konsep terbuka adalah menggunakan kotak tembus pandang dibanding memilih kotak dengan warna yang solid.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah anak-anak mencari barang yang dibutuhkan dan juga ketika mereka ingin menyimpan barang-barangnya kembali di tempatnya.

5. Menyimpan Aksesoris

Menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan aksesoris anak yang berukuran kecil sama pentingnya dengan menyimpan pakaian dan jaket. Siapkan kotak tembus pandang untuk menyimpan aksesoris seperti ikat pinggang, sarung tangan, syal, dan tas kecil agar anak Anda bisa mengambilnya dengan mudah.

6. Maksimalkan Area Penyimpanan

Lihat kembali lemari anak, apakah ada bagian yang bisa ditambah untuk menyimpan barang seperti menyimpan sepatu di bagian belakang lemari. Tambahkan rak atau rail untuk menaruh sepatu sehingga anak Anda akan mengetahui dengan pasti dimana letak sepatu-sepatu miliknya.

0 komentar:

Posting Komentar